Tuesday, April 13, 2010

Kembali Menyapih Shauma

Mungkin masih ingat sama postingan blog gue 5 tahun lalu, tentang menyapih neng dari empengnya?

Nah, kejadian lagi nih sekarang. Kali ini korbannya adalah Shauma. Masih dengan teknik yang sama, hanya prosesnya aja yang beda.

Kalau dulu gue sengaja menggunting puting empeng si kakak, kali ini puting malang punya Shauma cacat dengan sendirinya karena keseringan digigit2 sama si empunya. Begitu tau kalau itu puting cacat, langsung deh gue kompakin semua orang yang terlibat dalam pengasuhan Shauma untuk sama-sama nyapih ni anak dari 'nok nok'nya.



Niat awal tadinya gue pingin nyapih Shauma ketika dia usia 2 tahun. Sama dengan kakaknya dulu. Tapi karena kejadian ini akhirnya dipercepat 5 bulan.

Hasilnya? Lumayan! Dah 5 hari tanpa empeng, dan sejauh ini berjalan lancar.

Hari pertama dia rewel banget menjelang tidur. Hari kedua, sedikit jinak. Hari ketiga masih resah. Hari keempat OK! Hari kelima, rewel dikit tapi bis itu anteng.

Yang gue pelajari, ternyata kondisi psikologis anak itu jadi syarat penting banget untuk proses penyapihan ini.

Shauma itu kan keras kepala banget, gak mau dilarang. Tapi ketika dia liat dengan mata kepalanya sendiri bahwa mpeng-nya cacat, dia otomatis mengerem sendiri keinginanya untuk ngemut2 mpeng. (belum tau aja dia bahwa kalo mamanya beli lagi, selesai sudah masalah dia dengan mpeng itu). Yang dia tau kan itu mpeng cacat, rusak, nggak enak diemut, dan yang paling penting...GAK BISA DIGANTI! :-)

Gue dulu juga suka berpikir bahwa Shauma gak akan bisa tidur kalo gak ngempeng. Ternyata...kalau dia udah capek banget dia bisa tertidur di mana aja dengan mudahnya. Asal sikut mama atau ayah tetap bisa dia pegang2 dan koet2.

Semoga bisa lancar terus nih proses penyapihan ini. Waktu Kakaknya dulu prosesnya kira2 seminggu. Next adalah...ngajarin dia minum susu dari gelas.

Keep on trying ya nak!

p.s: ada info menarik nih, masih kata medgadget.com: bahwa mpeng (pacifier) terbukti bisa mereduksi 90% kemungkinan sudden death pada infant

No comments: