Sunday, March 19, 2006

Cerita cincin kawin dan hubungannya dengan Ny. Ery

Gak rahasia lagi kalo gue amat sangat terobsesi sama cincin kawin. Dan biasanya favorit gue harus berbahan dasar emas putih (kalo gak bisa cari yang platina), dengan tambahan sebutir berlian (gak usah gede-gede tapi juga jangan kecil banget) di tengah-tengah. Dari jaman masih gadis dan belum ketemu sama si ayah (Ery), gue biasa mengkondisikan bahwa gue adalah pengantin wanita cantik, dengan suami tampan (Alhamdulillah dapet juga, walaupun tampan versi gue), sedang memakai cincin kawin berlian di jari manis tangan kanan. Dan biasanya adalah pamerin cincin yang gue pake ke orang2.

Waktu itu, biasanya gue beli cincin dari bahan steel yang kalo dari jauh keliatan seperti emas putih. Murah, paling 20 rebu perak. Jadi inget waktu nerima gaji pertama, waktu itu iseng jalan-jalan ke gold mart, dan ketemu cincin emas putih dengan berlian dan bentuknya seperti cincin kawin. Langsung aja gue beli, mumpung pas ada uang dan waktu itu lagi diskon.

Sampe sekarang tu cincin masih ada. Gak akan gue jual, Insya 4JJ I, kecuali kalo urgent banget. Karena itu kenang2an gaji pertama.

Sekarang, cincin kawin gue juga keluaran gold mart. Sama-sama emas putih dan juga ada satu berlian ditengahnya. Cuma kali ini emang beneran cincin kawin, sebab mediannya lebar, sehingga bisa di grafir nama kami. Proses belinya waktu itu juga gak sengaja. Pulang tugas jaga pameran di Plasa Senayan, dijemput pacar, terus liat2 gold mart di SOGO. Gak ada maksud gue bilang
‘Cincin itu bagus ya say, nanti kalo kita nikah kamu mau gak kalo cincinnya kayak gitu?’ gak disangka dia jawab ‘Mau aja, emang kamu mau cincin itu?’
‘Mau banget, aku mau itu jadi cincin kawin kita, he..he..’
‘Ya udah, kita beli aja sekarang’
‘HAH???’

Seterusnya kejadianlah adegan beli membeli cincin ini. Yang pertama dibeli cincin untuk gue, karena ukurannya ada, ukuran dia lagi gak ada, jadi mesti pesan atau orang Gold Mart nya nyari dari gerai gold mart lain. Langsung grafir, 2 minggu baru jadi.

Fuiih bahagianya gue punya cincin kawin beneran. Cincin yang sudah pasti akan diberikan seseorang yang juga sudah pasti ada ke gue. Itu kejadiannya sekitar 4 bulan sebelum kami nikah. Gila ya! Tanggal nikah belum ada udah punya cincin. Makanya di cincin kami gak ada grafir tanggal nikahnya.

Tapi cincin yang kami pakai sekarang sudah gak original lagi, karena:
1. Once tangan gue gak sengaja mbentur dinding marmer keras, sehingga cincin gue ikut kebentur. Karena cukup keras maka patahlah berliannya. Ya udah gue ganti dengan tanam berlian baru
2. waktu itu si ayah (suami gue) ikutan naik banana boat pas kita liburan sama teman2 di Anyer. Ada kejadian suami gue nyaris tenggelam karena dia sempet black out pas dijeburin sama tukangnya. Gue panik, semua panik! Dan setelah suami gue dinyatakan gak pa pa oleh dokter, gue kembali panik karena cincin kawin suami gue dah raib. Ya wes lah, Cuma bisa pasrah. Paling dah ditelen ikan hiu. Akhirnya kami pesen lagi yang persis sama ke Gold Mart.
3. sekarang si ayah gak mau pake cincin kawinnya, katanya takut kebentur-bentur dan lecet. Jadinya dia minta gue simpen. Dan gue gak rela kalo dia melenggang tanpa cincin kawin. Akhirnya dia malah pake cincin Perlini’s gue yang bentuknya lucu mirip cincin kawin retro.

Sekarang Cuma gue yang masih pake cincin kawin, itupun berliannya udah pernah diganti.
Apa bukti bahwa gue sangat terobsesi dengan cincin kawin, well.. several times after I have the real one, gue masih sering beli cincin perak atau steel yang bentuknya mirip cincin kawin. Sekarang ada 3 cincin serupa cincin kawin di kotak perhiasan gue. Lalu, setiap kali gue dateng ke kawinan temen gue, pasti gue sengaja narik tangan pengantinnya pas salaman. Sekedar untuk ngeliat bagusan mana cincinnya sama cincin gue he..he..
Terus, mata gue gak pernah berpaling kalo ngeliat gambar cincin kawin lucu2 di iklan majalah, dll.
Gue pernah liat di satu buku cincin kawinnya Jennifer Aniston sama Brad Pitt, wuiihhh..keren banget. Modelnya sih biasa, rata cembung. Tapi berlian-berliannya di sisi samping cincin, jadi gak keliatan dari atas, unless kita ngeliatnya dari samping. Punya Jen 20 butir (10 di tiap sisi) dan punya Brad 10 butir. Mahal bambang kali ya cincin itu??? Terus gue juga suka ngeliat cincin kawin Sophia Latjuba yang kado dari felice. Hampir mirip dengan punya Jen, tapi yang ini mediannya pipih, gak cembung.

Kami berniat, well.. oke oke.., gue berniat, pada ulang tahun perkawinan kami ke 5 mau beli cincin baru dengan model yang beda. Tau nih, si ayah setuju atau nggak? Kayaknya sih nggak?

Sebetulnya, gak penting bentuk cincin kita sperti apa (kayak temen gue selalu bilang), yang paling penting adalah siapa yang bilang ‘Will you? nya’ dan makna dibalik Will you itu. Gue yakin banget, si ayah waktu ngelamar gue dengan cincin itu dulu, berniat tulus untuk mengikutsertakan gue dalam hidupnya. Bersedia nerima gue dengan seluruh kelebihan (lemak) gue ini he..he.. dan gue pun bersedia nerima tawarannya itu. Deal? Okeh deal!

Sampailah kami, tgl 23 Februari lalu, ke usia 3 tahun pernikahan kami. Artinya sudah 3 tahun aku menerima tawarannya untuk hidup bersama tanpa komplen, dan sudah 3 tahun pula kami bobok bareng, nangis bareng, ketawa bareng, marah bareng, sudah tiga tahun cincin kawin kami gak pernah sehari pun lepas dari jari manis gue, juga artinya..2 tahun lagi menuju cincin kawin baru he..he..he…

Woaaa….Dzigghhh!

No comments: