Sunday, April 18, 2010

Sambel Tempe

Rumah gue bukan rumah yang selalu rame makanan, palagi kalo hari kerja. Karena biasanya masak sekali doang di pagi hari, buat bekel Ery ke kantor, dan makan asisten yang jaga rumah. Itupun komposisinya cuma 1 sayur dan 1 lauk. Lebih dari itu gak pernah...kecuali wiken.

Tapi diantara keminiman masakan di rumah, gue selalu mewanti-wanti agar asisten gue selalu nyetok tempe, toge, daun bawang, dan cabe di rumah. Hal ini untuk mengantisipasi siapa tau Nyonya rumah pingin bikin masakan darurat dari bahan2 tersebut. Dan gue suka banget bikin sambel tempe. Iyah sambel tempe dengan aroma bawang putih yang agak menyengat dan meninggalkan jejak di lidah (tapi gue suka), kelegitan tempe, dan pedas yang bisa disetel nendang atau cuma samar-samar.

Resep turunan emak gue ini juga didapatnya dari sang Bunda (mbah gue). Katanya ini jadi makanan favorit kalo dompet lagi cekak dan gak ada lauk lagi ;p.

Ini dia resepnya

Bahan-bahan:
250 gr tempe potong menjuring, kerat2
5 siung bawang putih, geprek
1 sdt garam
air hangat secukupnya
minyak untuk menggoreng
2 batang kacang panjang mentah cuci bersih, iris 5 cm

Bumbu:
5 buah cabe merah
10 buah cabe rawit (banyak dikit sesuai selera)
1 ruas jempol terasi
7 siung bawang putih
sejumput garam
sejumput kaldu bubuk

cara membuat:
rendam tempe dalam larutan air hangat, bawang putih, dan garam biarkan 10 menit
Goreng tempe dalam minyak hingga matang, angkat
Oseng sesaat cabe merah, cabe rawit, dan terasi dalam minyak sisa menggoreng tempe, biarkan hingga agak mengering
Siapkan cobek, masukan cabe, terasi yang telah dioseng dan bawang putih, tambahkan garam
ulek hingga agak halus, masukan kacang panjang dan tempe goreng, ulek hingga tempe dan kacang agak hancur (jangan terlalu hancur)
tambahkan kaldu bubuk, aduk, cicipi.

Dimakan sama nasi putih kepul2 rasanya pol banged! Palagi pake tambahan lalap kol atau toge mentah.

Nanti fotonya gue tambahin yaaa :-)

No comments: