Tuesday, April 27, 2010

Finding out your passion

Believe me, it's very hard to do!

Menemukan apa yang sebetulnya kita sukai atau 'sesuatu yang kita tidak bisa hidup tanpanya' itu ternyata sangat tidak mudah.

Bahkan, untuk mengetahui hobi sendiri aja bingung. Pernah gue tertegun dalam suatu sesi berbagi pengalaman ketika mentornya meminta semua peserta untuk mencari tahu hobi dari pasangan masing-masing (waktu itu kita berpasang2an).

Teman gue Cici, yang kebetulan waktu itu berpasangan dengan gue terus mencecar 'ayo gie, hobi loe apa?'. Dan gue dengan sedihnya bilang 'I really don't know what my hobbies are!'



Duluu sih kayaknya denger musik adalah hobi. Tapi lantas gue sadar bahwa sejak menikah dan punya anak, waktu gue untuk denger musik menjadi semakin TIDAK ADA. Pengetahuan musik gue mentok hingga akhir dekade 90-an. Jangankan itu Justin Beiber atau Lady Gaga, Michael Buble aja masih bingung orangnya yang mana.

Dulu lagi pernah berpikir 'Ooohh..kayanya hobi gue itu baca!' and again, setelah menikah dan punya anak, entah kemana waktu yang dulu banyak tersisa untuk baca itu? Dan ternyata..bisa koq gue hidup tanpa denger musik dan membaca.

Lalu?? Apa hobinya?

Itu baru hobi lho! Menurut orang hobi berbeda dengan passion. Passion adalah...ya itu tadi; sesuatu yang YOU CANNOT LIVE WITHOUT! Sesuatu yang kalau nggak loe kerjakan sehariii aja, seperti ada sesuatu yang hilang, sesuatu yang salah. Apa itu Gan?

Seorang Career Coach, Rene Suhardono, dalam buku dan siaran radionya selalu bilang: 'Find out your passion! Apa passion loe? Dan usahakan loe bekerja sesuai dengan passion loe! Bikin gue tambah pusing.

Baca artikel di majalah Femina terbaru tentang chef wanita, dan ada satu chef yang bilang bahwa 'Sejak SMP saya sudah tau apa yang saya suka dan saya mau jadi apa...!'

Mengiri gue sama yang kayak gitu.

Tapi, sepertinya gue sekarang sudah mulai menemukan passion gue apa. Kuliner! hehehe

Selain sebagai konsumen, ternyata gue juga senang masak! Cita-cita, dalam 5 tahun sudah bisa buka rumah makan sunda organik dengan sasaran tembak para pekerja kantoran.

Amin..amin..

No comments: