Monday, September 12, 2005

Kay yang makin bandel


Mau cerita dikit nih tentang Kay-Kay, anakku sayang, yang makin pinter dan makin gak bisa diem. Kalo ada yang nanya ‘anak loe dah bisa apa, nggie?’ maka gue akan jawab bahwa anak gue udah jadi pembangkang kelas berat, bahkan ketika masa kanak-kanaknya pun belum dimulai (ck..ck..ck..)
Apa aja yang larangan yang keluar dari mulut orang tuanya pasti dibantah. Entah dengan lirikan jengkel, jawaban ’nda mau’, ngeles kesana kemari, atau teriak dan bales ngebentak kita berdua. Setiap larangan buat si Kay adalah perintah, dan setiap perintah merupakan larangan (he..he..). Gue jadi suka pusing dan naik darah ngadepinnya. Awal-awal dulu kita berdua suka adu mulut dan teriak satu sama lain, tinggal si ayah yang ke-gelian sendiri ngeliat dua tersayangnya berantem untuk sesuatu yang nggak perlu.
Terus terang gue kaget nih, soalnya si Kay udah bukan lagi objek manis yang penurut. Dia sekarang udah jadi subjek yang bisa menentukan apa yang dia mau, untuk kemudian menjadi ngotot kalo maunya nggak diturutin. Umi-nya (nyokap gue) bilang dia persis gue waktu kecil. Lalu si ayah bilang kayaknya bukan waktu kecil aja deh, tapi sampe sekarang he..he.. (nyengirmalu.co.id). Si ayah suka merhatiin kalo kita berdua lagi ngambek mukanya mirip, dagunya sama-sama kelipet dua, mulutnya manyun, dan pipinya tumpah L, katanya nih anak emang cetakan mamanya banget. Kalo lagi senyum pun sama cantiknya sih hi..hi..hi.. (ge er..ge er..)

Sering gue dan si ayah diskusi mengenai gimana cara ngasih tau anak (yang dulu) manis itu. Akhirnya kita sampe pada kesimpulan, bahwa emang usia dia itu lagi bandel-bandelnya, dan kayaknya jawaban ’nda mau’ itu udah jadi default mulutnya setiap kali dikasih tau. Walhasil, kita berdua mesti banyak sabar dan kalo ngasih tau dia jangan emosi, karena sebetulnya dikasih tau pelan-pelan pun dia ngerti koq, hanya emang harus berkali-kali ngingetin bahwa ini baik dan itu buruk. Selanjutnya ada baiknya untuk biarin dia kapok sendiri kalau dikasih tau nggak nurut, biarin dia belajar dari pengalamannya, asal masih di bawah pengawasan orang dewasa dan nggak berbahaya.

Kalo lagi merhatiin si Kay, walau dengan segala kebandelannya, gue selalu bersyukur karena diberikan rezeki anak yang cantik, sehat, pintar, kritis, dan agak susah dikasih tau. Lho??? Iya, karena menurut gue, ada baiknya anak itu bisa punya pendirian sedikit meski itu salah, artinya dia kritis (versigue.com sih). Daripada anak yang selalu nurut apa kata orang tuanya. Buat gue anak jenis ini berarti ganda, bisa manis..tapi bisa juga karena dia nggak punya pendirian sama sekali. Lama-lama dia nggak bisa tau bahwa selalu ada dua sisi berlawanan (positif dan negatif) untuk semua hal di dunia ini. Tapi..semoga sih dia nggak jadi keras kepala cenderung ndableg alias ngotot kayak....mmhhh... ayahnya (eh, nggak ding), mamanya kaleee

No comments: